Barisan dan deret Aritmatika

Barisan Aritmatika

Nama lain : Barisan hitung
Definisi = Barisan yang dibentuk dengan cara menambah /mengurangi suku sebelumnya dengan suatu bilangan tertentu (tetap)

Contoh:
1. 1,3,5,7,9,11,…
2. 0,5,10,15,…

Lihat contoh no 1 :
1 adalah suku pertama/ U1 =a

U2-U1 =2 =beda/b

Un= suku ke n

Rumus Un=a+(n-1)b

Rumus Sn = \frac{n}{2} {a+Un}

Contoh soal :

1. Suatu barisan aritmatika suku ke 3 nya adalah -1 dan suku ke-7 nya 19. tentukan : U70

Solusi :

U3=-1=a+ (3-1)b \leftarrow didapat dari rumus Un

U7=19 = a+6b

Kurangi U3 dengan U7

20 = 4b

b=5

Dari b=5, masukkan ke persamaan U7

19 =a +30

a= -11

U70 = -11 + 69 \times 5

U70 = 334

About these ads

44 Comments »

  1. angger Said:

    Pelajaran matematika yang bagus!
    Trims.
    Salam

  2. alvin1234 Said:

    Makasih ya atas pujiannya. kami akan lebih banyak membahas lagi, tetap sering kunjungi blog kami ya??

  3. dita Said:

    auddu..aq gag muddenk

  4. faried Said:

    sukses ya…………………

  5. faried Said:

    jadi matematikawan itu mudah. hanya perlu ketekunan dan kerajinan untuk membaca dan terus latihan. karena matematika itu adalah pelajaran yang unik yang semua kehidupan menerapkan matematika.

  6. irwan Said:

    thanks atas infonya khususnya ttng matematika

  7. budisan68 Said:

    salam kenal, ikut ngopi artikelnya

    • Rahma Said:

      aq jg yy !
      ikuttan ngopi artikelnya !

      thankss yyy !

  8. rohedi Said:

    Komentar bagus
    “jadi matematikawan itu mudah. hanya perlu ketekunan dan kerajinan untuk membaca dan terus latihan”

    Tapi mengapa untuk barisan yang berikut

    2, 3, 5, 7, 11, 13, 17, 19,…

    kok pake dilombakan segala ya?
    Salam kenal dari kami http://rohedi.com.

  9. riris Said:

    dari barisan aritmatika jumlah suku ke-10 dan ke-5 = 43, jumlah suku ke-6 dan ke-12 =52.maka besar suku ke-20 adalah……………..
    tolong segera di jawab y,k e-mailq t’tunggu.key!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  10. WaterDragon Said:

    dapat 20 darimana??
    tolong dijawab ya…

  11. WaterDragon Said:

    yg diatas g usah di jawab dah ngerti……….

  12. akbar Said:

    makasih saya jadi enak ngerjain PR mm nya ……

  13. junhey Said:

    mathematic is comfortable

  14. ziecx Said:

    yang buat tes CPNS itu lohh sebenere gampang tapi
    kok bingung yaaa

  15. betrIsh Said:

    thnz bt soaL na,,,
    tambaH yg Lbih bnYk n rUmit dunx soal na,,,yar lbih ngaSah otak,,,,gBu,,,

  16. ^_^ Said:

    ^_^ ^-^

  17. ardi Said:

    sy da msalah ne, q dah pernah dpet soal ne pas smp tp skrang dah gx inget lg, arsip ny dah gx tw dmana. ne soalny :

    diketahui bilangan asli kurang dari 150. carilah bnyak bilangan2 it yang :
    a) habis dibagi 3
    b) habis dibagi 5
    c) habis dbagi 3 tp tdak habis dbgi 5.

    m0hon dblas ea, scepatnya, skalian cranya

  18. roel Said:

    titit banget soalnya yang kreatif dunk

  19. tutut Said:

    soalnya mana aja ni si?????????? ku kan mau bikin kerpean

  20. alvis Said:

    Barisan dan deret Aritmatika

    { February 6, 2008 @ 5:37 pm } · { Barisan dan Deret }
    { Tags: Aritmatika, barisan, Barisan dan Deret, education, matematika, Math, Mathematics, soal matematika }

    Barisan Aritmatika

    Nama lain : Barisan hitung
    Definisi = Barisan yang dibentuk dengan cara menambah /mengurangi suku sebelumnya dengan suatu bilangan tertentu (tetap)

    Contoh:
    1. 1,3,5,7,9,11,…
    2. 0,5,10,15,…

    Lihat contoh no 1 :
    1 adalah suku pertama/ U1 =a

    U2-U1 =2 =beda/b

    Un= suku ke n

    Rumus Un=a+(n-1)b

    Rumus Sn = \frac{n}{2} {a+Un}

    Contoh soal :

    1. Suatu barisan aritmatika suku ke 3 nya adalah -1 dan suku ke-7 nya 19. tentukan : U70

    Solusi :

    U3=-1=a+ (3-1)b \leftarrow didapat dari rumus Un

    U7=19 = a+6b

    Kurangi U3 dengan U7

    20 = 4b

    b=5

    Dari b=5, masukkan ke persamaan U7

    19 =a +30

    a= -11

    U70 = -11 + 69 \times 5

    U70 = 334

  21. ichell Said:

    kalo soalnya mana ka?
    aku mau cari soalnya bwat belajar hehehehe
    >__<thx ka

  22. risma Said:

    minta soal tntang deret aretmatika donk,buat nyoba kmampuan cpa tau q bza nyelesain..
    kirim ke email q ea..

  23. Maulana nurul Said:

    Ka gw minta tolong…
    Gw ga ngerti beberapa soal…
    1.deret aritmatika Un=2n+3 tntukan jmlah 10 suku pertama(s10)
    2.jmlah suku pertama deret aritmatika adlh su=1/2n(3n-1)tntukan jmlah 10 suku?

    Please…
    ya ka tlong jwbin

  24. ridwan Said:

    itu dapet 20 dari mana??? tolong di jawab ea??

  25. Zackiyahc Said:

    Kak minta rumus aritmatika sosial kelas 7 dong….
    yg lengkap dan yang sejelas jelasnya …..
    tolong dong kirim ke e-mail qw…
    bingung ne….
    secepat cepatnya ea kak kirimin

  26. ayu Said:

    soal a: deret aritmatika 3,5,7,9 jika jumlah n deret tersebut adalah 1763 tentukan berapakah banyak suku deret aritmatika tersebut?

  27. cucun Said:

    kalau misalkan ada soal:
    150,150,300,330,340,…..
    bagaimana cara mencari suku ke-6???????
    ditunggu jawabannya…..!

  28. nasim ika Said:

    Matematika adalah ilmu pasti.. hanya orang-orang yang pasti lah yang bisa memahaminya… anda termasuk orang yang pasti bukan….??????????????

  29. sebuah ruang pertunjukan memiiki 30 baris kursi. dibarisan paling depan ada 20 kursi, dibaris kedua 25 kursi dibaris ketiga 30 kursi , demikian seterusnya.hitunglah total jumlah kursi yang tersedia didalam ruangan pertunjukan tersebut

  30. kira Said:

    gimana kalau soalnya
    suatu deret aritmatika diketahui 5 deret suku pertama = 35,dan jumlah 4 suku yang pertama = 24 suku yan ke-15 adalah???

  31. ajarin om…………

  32. Saeful Rizal Said:

    Dapet 4 dari mana ?
    kan 3 – 1 ?

  33. Saeful Rizal Said:

    trs dapet U7=19 = a+6b dari mana ?

  34. Kontol Berkontol Said:

    AH ANJING

  35. Kontol Berkontol Said:

    SUSAHNYA MEMEK!!

    • Kevin Kirby Ncnb Said:

      ssstttt ngomongnya!

      • Kontol Berkontol Said:

        apa lo??

    • Kontol Berkontol Said:

      MEMEK TOOT

  36. Kevin Kirby Ncnb Said:

    Wah Lumayan nih infonya :D

  37. cheryl Said:

    kurang banyak nih gan soalnyaa .. diperbanyak dong :D

  38. hari Said:

    u3=320_u7=20__tentukan_u9_barisan_geometri_tersebut?__maaf.ga.bisa.pake.spasi

  39. iin Said:

    Rumus Sn nya salah yang benar Sn=n/2{a+Un} atau
    Sn = n/2 {2a + (n-1) b}

  40. bisa… contohin yg soal ceritanya gak


{ RSS feed for comments on this post} · { TrackBack URI }

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: