Susah gak sih mencari luas dan keliling Bangun Datar??

Rumus Bujur Sangkar
Bujur sangkar adalah bangun datar yang memiliki empat buah sisi sama panjang
- Keliling : Panjang salah satu sisi dikali 4 (4S /AB + BC + CD + DA)
- Luas : Sisi dikali sisi (S x S)Rumus Persegi Panjang
Persegi panjang adalah bangun datar mirip bujur sangkar namun dua sisi yang berhadapan lebih pendek atau lebih panjang dari dua sisi yang lain. Dua sisi yang panjang disebut panjang, sedangkan yang pendek disebut lebar.

- Keliling : Panjang tambah lebar kali 2 (2(p+l)/AB + BC + CD + DA)
- Luas : Panjang dikali lebar (pl)

Gambar Persegi Panjang

Gambar Persegi Panjang

Rumus Segitiga
- Keliling : Sisi pertama + sisi kedua + sisi ketiga (AB + BC + CA)
- Luas : Panjang alas dikali pangjang tinggi dibagi dua (a x t / 2)

Rumus Lingkaran
- Keliling : diameter dikali phi (d x\pi) atau \pi dikali 2 jari-jari (phi x (r + r)
- Luas : phi dikali jari-jari dikali jari-jari (\pi x r x r)
- \pi = 22/7 = 3,14

Rumus Jajar Genjang atau Jajaran Genjang
- Keliling : Penjumlahan dari keempat sisi yang ada (AB + BC + CD + DA)
- Luas : alas dikali tinggi (a x t)

Rumus Belah Ketupat
- Keliling : Penjumlahan dari keempat sisi yang ada (AB + BC + CD + DA)
- Luas : alas dikali panjang diagonal dibagi 2 (a x diagonal / 2)
- Diagonal : Garis tengah dua sisi berlawanan

Rumus Trapesium
- Keliling : Penjumlahan dari keempat sisi yang ada (AB + BC + CD + DA)
- Luas : Jumlah sisi sejajar dikali tinggi dibagi 2 ((AB + CD) / 2)

About these ads

40 Comments »

  1. aditya Said:

    maaf ni sblmny,bisa ngg ya nampilin pembuktian rumus-rumus dari bangun datar soalnya gi butuh banget ne buat laporan.

  2. Ludi Said:

    thnx ya…

  3. aan Said:

    bisa gak disertain gambar kan agak enak tuch diliatnya

  4. jshscholes Said:

    Sabar bu….
    Bentar lagi juga ada gambarnya

  5. anggit Said:

    rumusnya bagus juga mudah di mengerti tapi bisa gak pakai contoh soal &gambar bangun datar kan jadi lebih enak tuh

  6. Iecha Spensa Plg.. Said:

    yop.
    thx.
    da srn nih.
    klo bs jgn cmn rmusnyah duank.
    tp gmne crnye mecahin t soal dan jg gambarnyh y…
    hha.

    Thx before.
    - Iecha

  7. alvin1234 Said:

    Okay, makasih banget atas masukannya. Karena sekarang ini kita sedang menghadapi ujian, mudah-mudahan abis ujian kita coba buatkan dengan gambar-gambarnya.

  8. titik Said:

    ass……. ada g’ contoh 2 soal bangun datar beserta jawabannya ?coz aq lg butuh bgt nich….

  9. put2 Said:

    semuanya donk……..
    lagi butuh bgd nie!!!!!
    please…..
    klu ga salah ada 11 tu….

  10. Meilisa Said:

    Wow!
    Untung aja ada^^
    Nih kerjain PR mikir2 tujuh keliling^^
    Nyari2 di Google ketemu deh^^
    Thx ya rumusnya^^

  11. tyas Said:

    pak minta contoh soal dan pembahasan rumus luas segitiga,persegi,prsegi panjang,belah ketupat,layang-layang,jajar genjang,trapesium.thanks penting ne pak buat laporan

  12. oci Said:

    duch..pusing deh..
    math neh..
    uuhhh…sumpah…w jijik bner ma nma na MATEMATIKA..

    untung w ktemu di geogle..rmus na..
    aminn..

    thx…yap…

  13. rani Said:

    ass ….. ada contoh soal luas dan keliling dari bangun bidang gag ??
    coz di suruh cari lewat internet niyh ..

    tolong yahhh

  14. alvin1234 Said:

    Untuk Contoh soal:
    Cari Keliling persegi yang diagonalnya 6\sqrt{2}
    Penyelesaian:
    Telah kita ketahhui bahwa sisi persegi adalah sama. Dan jika kita mengaplikasikan rumus phytagoras dimana c2 = a2 + b2
    atau
    Kuadrat sisi miring = jumlah kuadrat sisi-sisi yang saling tegak lurus
    Maka kita akan mendapat sis persegi tersebut adalah 6. Dan jikal keliling persegi adalah 4 x sisi persegi, maka keliling persegi tersebut adalah 24 cm.
    Semoga anda puas dengan jawaban yang diberikan.
    Terimakasih telah mengunjungi blog kami. Terus kunjungi yah.

    Salam
    Admin

  15. Arkkaz Said:

    hi.. tolong dunk ksh tw definisi bangun2 datar… gi butuh bgt nwih buat laporan…….. tolong yah… klo isa coment ke FS ini aj yah ” Panda-Mpnium@yahoo.com ” woke….

  16. alvin1234 Said:

    Untuk Arkkaz
    Bangun datar adalah bangun yang hanya mencakup bidang 2 dimensi, dimana dalam bangun tersebut hanya tedapat 2 garis pembentuk yaitu alas dan tinggi. Berbeda dengan bangun ruang yang bisa dilihat dari berbagai sisi, bangun datar tidka dapat dilihat dari berbagai sisi.
    Terimakasih atas pertanyaannya
    Terus kunjungi blog kami.

  17. nyThA Said:

    oK…Sich…. tP pEnJelasannYa Kurang MeNdEtaIl…..

  18. rizki aysyah Said:

    yaaa oke siii rumuzzznya..

    tapi kurang banyak… kanbangun datar ada banyak

  19. susi Said:

    eh,..btw tentang bangun datar persegi dilengkapin ya misalnya ada ciri2x dlm satu halaman biar kalok buwat makalah ttg bangun datar kaga’ repot nyarinya

  20. johny Said:

    Tq kk cara ya or rumus ya
    doain wa lu2s ntr

  21. qamara, Said:

    ih,, bisa gak di lengkapin, soalnya aq butuuuuuh banged bwt blajar!

  22. yanie Said:

    tolong ku donk…
    ku lg da tugas tentang pembuktian bangun datar.tugasku adalah”buktikan bahwa diagonal terpanjang layang-layang membagi sudut sama besar.”tolong jawab sekarang ya..
    thx b 4.

  23. SUPATMI SYAH YONO Said:

    TERNYATA SUSAH JUGA. TOLONG DONG SIAPA YANG MEMBACA INI SIKIRIMI MATERI LUAS DAN KELILING

  24. romi hadian Said:

    persegi na mana

  25. jundy Said:

    help me!!

    mas2 n mbak2 yg baik, sy ada tugas tentang definisi keliling bangun datar dan bangun ruang??

  26. ratu afiah Said:

    mas2 taw mbak tlong c pengertian keliling bangun datar n luas y sebelum n sesudahnya makasih ya

  27. llalala Said:

    makasii yaaaaaa
    hahahaha

  28. JoniLint's brother Said:

    piye to iki ra enek gambare cah ..??

  29. amix Said:

    thx ,, tolong post rumus2 yg lbih byk lage

  30. trie niel Said:

    maaf minta tolong dong,,,krimin mengenai pembuktian rumus-rumus bidang datar…..soalnya lagi ada tugas tentang itu,,,

  31. Anymous Said:

    Untuk Trapesium sama kaki ada atau tidak??

  32. dhea giska Said:

    tlong aq donk aqlgi ada tgas untk cri mngapa untk mencri luas prsgi pnjang hrus di kali…….????????

  33. widhia arum Said:

    kalo bisa tolong pakai pembuktiannya donk! biar lebih paham! :D

  34. kiki Said:

    aslkuumm…
    tolong dong contoh soal’a juga beserta kunci jawaban’a..
    hehehe…
    soala go butuh bgtt nihh.. buat persentasi…

    thanks..^,^”..

  35. Rifka Said:

    pake pembuktian rumus dong! ^. ~

  36. charvera Said:

    rumus bangun ruang nya mana?

  37. dfuio

  38. nicha Said:

    Thanks..

  39. anggi Said:

    ini rumus bagus juga

  40. nurcahaya Said:

    tolong dong beserta soal2nya dan jawabanya soalnya lgi prlu bggt nih!!!


{ RSS feed for comments on this post} · { TrackBack URI }

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: