Apa sih Trigonometri???

Awal trigonometri dapat dilacak hingga zaman Mesir Kuno dan Babilonia dan peradaban Lembah Indus, lebih dari 3000 tahun yang lalu. Matematikawan India adalah perintis penghitungan variabel aljabar yang digunakan untuk menghitung astronomi dan juga trigonometri. Lagadha adalah matematikawan yang dikenal sampai sekarang yang menggunakan geometri dan trigonometri untuk penghitungan astronomi dalam bukunya Vedanga, Jyotisha, yang sebagian besar hasil kerjanya hancur oleh penjajah India.

Matematikawan Yunani Hipparchus sekitar 150 SM menyusun tabel trigonometri untuk menyelesaikan segi tiga.

Matematikawan Yunani lainnya, Ptolemy sekitar tahun 100 mengembangkan penghitungan trigonometri lebih lanjut.

Matematikawan Silesia Bartholemaeus Pitiskus menerbitkan sebuah karya yang berpengaruh tentang trigonometri pada 1595 dan memperkenalkan kata ini ke dalambahasa Inggris dan Perancis.

II. Rumus-rumus dasar

Penjelasan Trigonometri Melalui Gambar

Penjelasan Trigonometri Melalui Gambar

Sin A = a/c
Cos A = b/c
tan A = a/b
cosec A = c/a
sec A = c/b
cotan A = b/a

HUBUNGAN-HUBUNGAN


cotan A = 1/tan A
sec A = 1/cos
A
cosec A = 1/sin A
tan A = sin A / cos A
sin2
A + cos2 A = 1
tan2
A + 1 = sec2 A

7 Comments »

  1. tesa Said:

    trigonometri???????

    uhk,,, pusying…

    gmna caranya gar mahir trigonometri???

  2. alvin1234 Said:

    Buat Tesa, ya mau ga mau harus hafal rumus dasar ini dulu sih. Saya juga kurang tau kalo ada cara yang lebih mudah untuk mahir trigonometri tanpa menghafal. Mungkin kalau kamu mau, kamu bisa saja coba dengan mengembangkan teori phytagoras yang dasar. Karena dasar dari trigonometri adalah phytagoras. OK?? Selamat Mencoba ya

  3. jaRobinhut Said:

    Bner giTO teori dsr trigonometri Tuh pitagoras
    >_< bo0ng NEe

  4. ixyak Said:

    apa itu sinus? apa itu cosinus? dan apa pula itu tangen?
    bah, otak mereka kok gak mbulet ya buat mikirin apalagi menciptakan ntu rumus trigonometry.

  5. tezar rantaz Said:

    hmm thengsss atas penjelasan.y

  6. mahdi sinaga Said:

    uuftt trigonometri ternyata bingung kalo udah makin ke atas…

  7. m.putra dhafasyah Said:

    kata guru matematika gw itu matematika itu gx perlu di afal asal kan bisa di mengerti!


{ RSS feed for comments on this post} · { TrackBack URI }

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: