Aljabar ,apaan tuh?

Aljabar adalah cabang dari matematika yang mempelajari penyerdehanaan dan pemecahan masalah dengan menggunakan “simbol” sebagai pengganti konstanta dan variabel.

Contoh aljabar….

Aljabar adalah cabang dari matematika yang mempelajari penyerdehanaan dan pemecahan masalah dengan menggunakan “simbol” sebagai pengganti konstanta dan variabel.

Contoh aljabar=1. 3 \times a = a + a + a =3a
2.4 \times 5a= 20a
Bentuk aljabar = x^2, 3x, 4x^2, 5x, 6a

Operasi pada aljabar :
I. Penjumlahan dan pengurangan
ex : 1. 5x^2 +7x-9x^2+5x-a-9a
= -4x^2 + 12x -10a

II. Perkalian dalam aljabar

a^m \times a^n = a^{m+n}

a^m \div a^n = a^{m-n}

(a^m)^n = a(^m\times ^n)

(a+b)(a+m) = a^2 + (b+m)a + bm

Mudahkan ? Sekarang, coba selesaikan soal dibawah ini !
(a ^{-2} + a ^{-1} + 1) \div (a ^{-4} + a ^{-3} + a ^{-2}).

III. Kuadrat
Nah, kalau sekarang kita akan belajar mengenai kuadrat dala aljabar.
Rumusnya hanya :
1 (a+b)^2 = a^2 +2ab +b^2.
Dari mana ? Coba saja kalian kali (a+b) dengan (a+b) secara manual!
Cara lainnya adalah dengan menggunakan segitiga istimewa. Pangkatnya adalah sesuai dengan segitiganya.
Contoh :
Berapa (a+b)^3.

          1

        1  1

      1  2  1

    1  3  3   1

Jadi, (a+b)^3 =a^3 +3a^2 b +3ab^2+b^3.
Dan seterusnya. Mudahkan ?

About these ads

40 Comments »

  1. raymondtanadi Said:

    segitiga pascal ya namanya???

  2. alvin1234 Said:

    Ya Raymond. Kalo kita sih bilangnya segitiga pascal. Gak tau deh, mungkin ada sebutan yang laen kali. Emang lu biasanya bilangnya apaan???

  3. raymondtanadi Said:

    segitiga bermuda, kali…
    hahaha…

  4. Ada yang ngaco.
    Masa : (a+b)^2=a^2+2a+1? :lol:
    Lucu abis…. :lol:

  5. Sekarang ada yang lebih lucu lagi :
    (a+b)^2=a^2+2a+b^2??? :lol: :lol:
    Lucu…

  6. raymond Said:

    Oh, itu karena itungnya menggunakan segitiga bermuda, bukan segitiga pascal…

  7. hetty Said:

    Ass….
    sorry ya… aq dah ikutan ketawa dengan comment kalian… habis lucu dech!!!
    Bagaimana kalau belajar matematika dibuat lucu aja…
    biar orang yang belajar matematika kagak seeeeeeetteressssssssss….
    seperti istilahnya MATEMATIKA ” makin tekun, makin tidak karuan.

  8. SheiLa Said:

    AduCh…. AlJabar tUch, bGi qUw meMusINkan… AdA yG bKa Les-Lesan NggA’?? qUw bIngUng BgTz…
    (ax+bx)-(x-4)=……

  9. Hay.. tau gx c, metematika tc y, wah asik bgt coz bisa buat picuing hehe…….

  10. Hay.. tau gx c, metematika tc y, wah asik bgt coz bisa buat picing hehe…….

  11. rohedi Said:

    Anda benar kalau (a+b)^3 = a^3 + 3*b*a^2 + 3*a*b^2 + b^3 itu mudahkan? Sehingga untuk polinom derajad 3 berikut

    a^3 + 3*b*a^2 + 3*a*b^2 + b^3 = 0 ,

    guna mendapatkan nilai a dari setiap nilai b yang diketahui juga mudahkan? Tapi kalau kedua angka 3 di atas kita ganti masing-masing dengan huruf c dan d, lho kok tidak semua professor matematika Indonesia tidak bisa ngeluarin rumus dapatkan nilai a nya ya?

  12. rohedi Said:

    Sayang Aljabar terlahir sebagai anak tunggal, coba punya kembaran Aljakar, pasti ngitung akar bilangan jadi mudah, tidak seperti sekarang melanggar hak anak untuk bermain.

    Coba tanyakan pada anak kelas 5 SD berapa akar 36 ? ya mereka langsung jawab 6 Pak Guru,….. Betul. Tapi coba 36 ganti dengan huruf a, lalu kita tanya pada Pak Gurunya, berapa akar q pak Guru?, ya mesti Pak Guru dan Bu Guru beristigoisah ramai2, ya ndak bakal ketemua jawabannya.

    Tapi omong2x http://rohedi.com punya rumus umum untuk ngitung nilai a^(n) , nilai a-nya sembarang begitu pula dengan n-nya. Dengar2x rumusnya itu mo dijual lho..

  13. Selly Said:

    aku mau tanya, asal usul munculnya aljabar tuh apa???????????????????////

  14. verencia Said:

    meskipun gw da kurzus,bimbel,tambahan di skull belejar tentang aljabar,aritmatika pokoknya yg gitu2 dech gw paling anti pelajaran kayak gitu bsa bikin kepala jadi botak…siapa seeh penemu matematika sungguh pinter banget tuch orang…ada gak sih sekolah tanpa pelajaran matematika tolong cariin ya…

  15. verencia Said:

    ;0

  16. verencia Said:

    pusieng biezzz…..!

  17. Lilia Said:

    mampir juga ke http://www.aidianet.co.cc
    kita sama-sama berbagi ilmu

  18. nanda ajjah iia!! Said:

    duuhh……
    payah bgt ia aljabarr??
    pusink 7 keliling neeh gw!!
    udah besok mo ulangan lagi!!!!
    blm apal2 jga rumus si aljabar !!
    cara cptnya kyk mn sie???

  19. chris.... Said:

    pokonya kalo matimatian yang gw tau tuch cuman

    {(2x+3y) (6z+6y) (0)} = yach hasil nya 0
    wkwkwkwkwk…..

    gitu aja k0k pusing,,,

  20. adi Said:

    knaPa seh pada musingin AljaBar ?

    Aljabar tuch mang Super bikin bingung
    so ga usa dipusingin.
    tul Ga?

  21. fatfon Said:

    ya saya setuju dengan bp rohedi. coba kalo aljabar punya
    sodara
    kembar pasti si aljakar
    banyak
    menemukan
    rumus
    cepatnya
    biar
    gapusing
    temen2
    saya

  22. adit38 Said:

    Rumus cepat?
    Coba maen kesini biar tambah pusing

    http://shofiqsula.wordpress.com/2008/07/29/ada-ketidakpastian-dalam-ilmu-pasti-matematika/

  23. erikkris Said:

    maav ya mas. Materi aljabarnya saya ambil. saya pasang di website saya

  24. Billy Said:

    gimana sih caranya belajar aljabar dengan mudah?

    • alvin1234 Said:

      @Billy, satu-satunya cara untuk bsa mahir dlam matematika adalah dengan banyak berlatih, jadi saya menyarankan anda berlatih soal-soal aljabar dari yang paling mudah sampai yang paling sulit. Pasti anda akan jadi mahir dalam aljabar.

  25. frans Said:

    woy mana soal’a masa rumus doank????????????????????????

    jawaban’a jg y!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  26. man Said:

    maju terus matematika!

  27. iin Said:

    matematika mantep…

  28. sutyo Said:

    huuhh saya bisa aljabar saya kls 5 sudah bisa aljabar

  29. Mutiya Farras Said:

    aduhh….
    aqu gak ngerti aljabar nhe?? :(

  30. Mutiya Farras Said:

    ajarin aqu belajar aljabar dund?
    gmna sich cara mudah belajar aljabar supaya cepet hafall? :( :'( :( :'( :( :'(

  31. Irdha Eliyasa Frinsca Said:

    Sama skali gk ngrti akk am nma.a pljaran aljabar ini , huhh ..

  32. salwa sasadja.. Said:

    sma skali ng ngerti,,
    `sma aljabar nii..
    ng ad cntoh soalnya lagi..
    huuuuhhf..

    • salwa sasadja.. Said:

      :P :P

  33. [...] http://educentre.wordpress.com/2008/02/04/aljabar-apaan-tuh/ Share this:TwitterFacebookLike this:LikeBe the first to like this. Posted in Uncategorized [...]

  34. iin anggraini Said:

    aduch…….. bete dgn nie pr

  35. berapa hasil dr 9x-7i>(3x-7u)

  36. berapa hasil dr 9x-7i>3(3x-7u)

  37. sigma Said:

    mantab gan infonya .. sukses selalu

  38. vendra Said:

    semakin pusing semakin asyik…:P


{ RSS feed for comments on this post} · { TrackBack URI }

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: